Beberapa pengguna Honda Vario ada yang mengeluhkan bahwa kick starternya susah balik. Bahkan ada beberapa penggunanya ada yang mengeluh kick starternya tidak mau kembali saat diengkol. Masalah seperti ini kiranya sangat mengurangi kenyamanan bagi pemakai motor tersebut.
Nah, tentunya para pengguna Honda Vario pasti akan bertanya-tanya. Apa penyebab masalah tersebut? Bagaimana cara menanggulanginya sebelum itu semua terjadi? Trus, apabila masalah itu sudah terjadi bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada cara-cara perawatan dan cara memperbaiki apabila masalah di atas telah terjadi pada Vario kesayangan anda.
Pertama, kendorkan baut plus (+) yang terdapat pada air duct (corong karet bagian depan cover CVT) dengan menggunakan obeng plus (+). Kemudian buka cover CVT dengan cara melepas baut ukuran 8mm yang terdapat pada sekeliling cover CVT dan juga bagian tengah cover CVT tersebut. Setelah baut-baut terlepas buka Cover CVT.
Setelah cover terlepas, lepasakan gigi pengungkit dengan cara menarik sambil menggerakkan kick starter ke bawah. Sesudah gigi pengungkit terlepas, bersihkan gigi pengungkit tersebut dengan menggunakan cairan pembersih (bensin). Setelah bersih, lumasi gigi tersebut dengan menggunakan grease (gemuk/steampet) dibagian gigi, poros, dan alurnya.
Setelah itu semua dilakukan, pasang kembali gigi tersebut pada tempatnya semula. Cara yang dilakukan untuk memasangnya cukup mudah. Engkol kick starter ke bawah sekitar setengah dari total pergerakannya kemudian tahan kick starter. Kemudian masukkan gigi pengungkit starter ke lubang porosnya sambil pean-pelan melepaskan kick starter. Nah, caranya sangat mudahkan.
Bagi yang belum mengalami masalah tersebut, bisa melakukan pencegahan dengan cara melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan atau 6000km. Bagi yang tidak mau repot dengan cara ini, bisa meminta mekanik tempat dimana anda menyervis motor untuk melakukan cara-cara perawatan seperti di atas. Cara di atas berlaku tidak hanya pada Honda Vario, namun juga matik Honda yang lain sperti Honda Beat, Honda Spacy, Honda Vario Techno, dan Honda Vario CBS. Nah, selamat mencoba….
mas bro punya saya skrng jg kaya gitu gmn ya pdhl baru 270km saya pke yg non cbs..
ReplyDeletetlng bantuannya mention ketwitter saya @Xantosuwito
IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
ReplyDeletePADANG
HP:085264100020
pin bb:29d4b762
Batang Piston Kharisma Honda
Rp. 230,000
Batang Piston Vario Honda
Rp. 180,000
Batang Piston Beat Honda
Rp. 175,000
Batang Piston Blade Honda
Rp. 170,000
Batang Piston GL MaxNeo Aspira
Rp. 295,000
Batang Piston GL Pro/ GL 125 Aspira
Rp. 265,000
Batang Piston GL Pro Federal
Rp. 120,000
Batang Piston GL ProNeo/ Tiger Aspira
Rp. 290,000
Batang Piston Supra/ Grand Honda
Rp. 220,000
Batang Piston Smash Suzuki
Rp. 160,000
Batang Piston Shogun 125 Suzuki
Rp. 160,000
Batang Piston Thunder 125 Suzuki
Rp. 260,000
Batang Piston Satria Fu 150 Suzuki
Rp. 360,000
Batang Piston Satria 2T Suzuki
Rp. 380,000
Batang Piston Jupiter Z Yamaha
Rp. 165,000
Batang Piston RXK Yamaha
Rp. 180,000
Batang Piston Ninja RR Kawasaki
Rp. 435,000
Batang Piston RXZ Yamaha
Rp. 330,000
Batang Piston Scorpio Yamaha
Rp. 380,000
Batang Piston Crypton Yamaha
Rp. 260,000
Batang Piston Vega ZR Yamaha
Rp. 205,000
Batang Piston Vixion Yamaha
Rp. 300,000
Batang Piston Jupiter MX Yamaha
Rp. 265,000
Batang Piston Mio Yamaha
Rp. 210,000
Batang Piston Alfa/ F1Yamaha
Rp. 145,000
Batang Piston Kaze Kawasaki
Rp. 230,000
Batang Piston Ninja Kawasaki
Rp. 220,000
Batang Piston ZX 130 Kawasaki
Rp. 240,000
Batang Piston C700 NPP
Rp. 80,000
KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%
Nih gan biar gk manja dan ngambekan lagi Kick Starternya:
ReplyDeletehttps://luqmanulhackim.wordpress.com/2016/01/03/jangan-salah-melumasi-kick-starter-matic/
Sama....vario karbuku jeklek jeklek pas di starter padahal aki baru ganti..
ReplyDelete